Rakor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se Provinsi Lampung, “Sinergitas dan kolaborasi perpustakaan dan kearsipan”

Kamis (24/11) Dinas Perpustakaan dan Kabupaten Pringsewu menggelar Rapat Koordinasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se Provinsi Lampung. Rakor bertajuk Sinergitas Perpustakaan dan Kearsipan tersebut baru pertama kali dilaksanakan tepatnya di Ballroom Rumah Makan Raja Pindang Andalas, Kabupaten Pringsewu.

Yanwir, Kepala Dispusarda Pringsewu dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh kepala dinas perpustakaan dan kearsipan se Provinsi Lampung yang hadir pada rakor. “Selain membahas program kerja dan kerjasama antar dispusarda, kegiatan ini tidak lain adalah untuk silaturahmi dan saling kenal” ungkap Yanwir.

Hal senada disampaikan oleh Ratna Dewi, Kepala Dispusarda Provinsi Lampung yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Ratna Dewi mengapresiasi ide yang sudah digagas sejak lama direalisasikan pertama kali oleh Dispusarda Pringsewu. Lebih lanjut dirinya juga menjelaskan bahwa rakor ini merupakan media kolaborasi, konsolidasi dan sinergitas perpustakaan.

Adapun pola sinergitas yang disusun diantaranya yaitu, kegiatan promosi literasi, sinkronisasi program pusat dan daerah, realisasi program TP-BIS, penyelenggaraan kearsipan, mendukung tata kelola kearsipan dan menjaga serta merawat dokumen arsip daerah. “Harapannya rakor ini dapat berjalan setiap tahun dan nanti akan kita undi kabupaten/kota mana yang menjadi tuan rumah rakor selanjutnya” jelas Ratna Dewi.

Farida, kepala Dispusarda Metro yang hadir pada acara tersebut turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rakor. Ia juga mengungkapkan bahwa Dispusarda Metro juga akan belajar tentang implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang sudah berjalan di Pringsewu.

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required