Disdikbud dan Dispusarda Kolaborasi pada HKP 2022

Senin (12/09) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro pada Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Tahun 2022. Selama 3 hari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metr membuka stan literasi yang berisi berbagai macam buku dan kerajinan inklusi sosial.

Tidak hanya itu, mereka juga menampilkan 6 literasi dasar serta mengajak para pelajar SD dan SMP Kota Metro untuk berkunjung ke perpustakaan. Hal tersebut merupakan salah satu implementasi dari Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Seperti yang diketahui bahwa GLS  adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, dan auditori. Di abad 21 ini , kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi.

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required