NGOPI “METRO BERCERITA”

Senin (12/09) NGOPI (Ngobrol Seputar Literasi) edisi Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Tahun 2022 dilaksanakan secara hybrid di halaman Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Daerah Kota Metro dan di Youtube Dispusarda Metro Official pukul 13.00 WIB.  Mangusung Tema “Metro Bercerita” NGOPI kali ini menghadirkan 3 narasumber yang memiliki 3 disiplin keilmuan yang berbeda.

Pertama adalah Imam Susanto, Mimer asal Kota Metro Lampung. Kedua adalah Ainun Markhamah dari Kampung Dongeng Lampung dan ketiga adalah Irma Puspita Sari dari Read Aloud Lampung. Masing-masing narasumber memiliki persepsi tersendiri terkait bercerita. 

Imam menjelaskan bahwa Pantomime pada dasarnya adalah bercerita namun tanpa mengeluarkan kata. Ia mengungkapkan untuk menjadi sebuah mimer (Pelaku Pantomim) harus memahami kamus gerak terlebih dahulu sehingga memiliki refrensi luas bagaimana mengekspresikan perasaan hanya melalui gerakan.

Di sisi lain, Ainun menjelaskan bahwa dirinya juga gemar menceritakan kisah kepada orang lain khususnya anak-anak menggunakan media puppet atau boneka tangan. Menurut Ainun, menceritakan sesuatu kepada anak menggunakan media boneka menjadi daya tarik tersendiri.

Senada dengan Ainun, Irma juga menjelaskan bahwa membacakan buku secara nyaring (Read Aloud) pada dasarnya adalah memberikan cerita kepada anak melalui media buku. “Hal ini sangat baik untuk pertumbuhan serta pengetahuan anak, terlebih lagi ini adalah bentuk penanaman literasi sejak dini. Lagi pula semua anak menyukai suara orang tuanya bukan” Ungkap Irma.

NGOPI tersebut dapat disaksikan ulang di Youtube Dispusarda Metro Official di link berikut https://youtu.be/EH9X6T9DGfY

Leave a comment

All fields marked with an asterisk (*) are required